Perkembangan Absensi

Absensi Online - Mesin absensi adalah sebuah alat yang digunakan untuk mendata atau merekam kehadiran karyawan. Perusahaan, kantor dan juga sekolah adalah beberapa contoh oragnisasi yang menggunakan mesin absensi untuk mendapatkan data kehadiran dari para karyawannya.
Mesin absensi memiliki peranan yang penting bagi pemimpin atau pemilik organisasi untuk mendata atau merekam pencatatan kehadiran para karyawannya. Itulah alasan mengapa, mesin absensi ini harus tersedia di kantor.

absensi
absensi


Seiring perkembangan teknologi, mesin absensi kini terus berkembang dan berevolusi, saat ini model absensi yang terbaru adalah dengan menggunakan absensi online, absensi online akan memudahkan karyawan dan HRD dalam melakukan absensi dan mengelolah data absensi. Tentu dengan absensi online ini akan semakin cepat dan mudah dalam melakukan absensi , aplikasi ini juga sudah terhubung dengan database dan datanyapun bisa dilihat secara real-time oleh HRD.
Berikut ini adalah perkembangan mesin absensi dari masa ke masa sebelum ditemukannya absensi online:

Absensi Menggunakan Mesin Ceklok

Absensi ini menggunakan mesin absensi dengan sistem ceklok. Jadi setiap ada pegawai yang ingin mengisi kartu absensi harus memasukkan kartu absensi tersebut ke dalam mesin ceklok, dan secara otomatis kartu absensi akan mencetak jam masuk atau jam pulang karyawan sesuai dengan jam kantor. Kelebihan dari absensi menggunakan kartu ini adalah mudah digunakan, karyawan tidak bisa curang dalam menulis waktu hadir atau waktu pulang dengan seenak hati, bagian HR akan lebih terbantu saat merekap absen karena lebih rapih dan mudah dibaca.

Absensi Digital

Absensi karyawan dengan menggunakan metode digital tentunya lebih unggul dibandingkan dengan absensi secara manual karena pendataan yang dilakukan secara digital lebih akurat dan cepat, bukan cara dengan metode pencetakan kartu absen. Sistem digital inilah yang menjadi keunggulan dari mesin absensi karena hasil data absensi dari seluruh karyawan dapat dimasukkan, dilihat, dan dapat diakses langsung oleh HRD dengan menggunakan komputer.
Sebelum karyawan dapat menggunakan mesin absensi digital, data atau identitas para karyawan harus terlebih dahulu diinput ke dalam sistem. Identitas yang diinput meliputi nama pegawai, jabatan, Nomor Induk Pegawai (jika memiliki), dan PIN atau password.
Setelah semua data karyawan telah diinput ke dalam sistem, karyawan sudah bisa melakukan absensi secara digital. Setiap datang ke kantor, para pegawai diwajibkan untuk memasukkan identitas yang diperlukan sebelum mulai bekerja agar kehadiran mereka tercatat ke dalam sistem.

Absensi Dengan Magnetic Card

Mesin absensi ini lebih canggih lagi. Karena mesin ini menggunakan Magnetik ID Card untuk mendata absensi para karyawan. Mesin ini mulai digunakan sejak tahun 1980. Mesin ini hampir sama dengan mesin absensi digital yang menggunakan metode digital tapi bedanya terletak pada media penyimpanan yang digunakan. Mesin ini adalah perpaduan dari mesin absensi kartu dan mesin absensi digital yaitu menggunakan Magnetik ID Card. Namun, untuk pendataannya masih menggunakan metode digital.

Absensi Finger Print atau sidik jari

Absensi fingerprint atau sidik jari adalah salah satu mesin absensi biometrik yang menggunakan metode scanning melalui sidik jari karyawan untuk mendata absensi karyawan. Sama seperti mesin absensi digital dan ID card, absensi fingerprint juga memerlukan pendataan karyawan terlebih dahulu sebelum bisa digunakan. Perbedaannya terletak pada media yang dimasukkan ke sistem. Mesin absensi fingerprint akan mendata dan mendaftarkan sidik jari masing-masing karyawan beserta identitas lainnya ke dalam sistem.
Setelah proses pendataan karyawan selesai, perusahaan atau kantor dapat menggunakannya untuk melakukan absensi pada karyawannya yang mana para karyawan tersebut wajib menempelkan sidik jari pada mesin yang telah tersedia. Kemudian HRD bisa mengelolah datanya karena mesin absensi fingerprint sudah terintegrasi dengan software.

Aplikasi Absensi Online

Aplikasi Absensi Online adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk melakukan absensi dengan menggunakan smartphone yang terhubung dengan koneksi internet. Cara kerja dari aplikasi absensi online ini adalah HRD hanya perlu menginput data para karyawannya ke dalam sistem dan jika sudah karyawan bisa langsung menggunakan aplikasi absensi online untuk absensi dengan cara melakukan foto selfie ditempat yang sudah ditentukan oleh HRD untuk melakukan absensi. Kelebihan dari absensi dengan menggunakan Aplikasi Absensi Online ini adalah pengeluaran yang perlu dikeluarkan oleh perusahaan tidak terlalu besar, mudah digunakan, HRD bisa memantau langsung datanya karena Aplikasi Absensi Online ini menggunakan teknologi real-time dan masih banyak lagi kelebihannya yang bisa anda lihat di Aplikasi Absensi Online.

Jika Anda tertatik untuk menggunakan Aplikasi Absensi Online anda bisa mengunjungi link berikut ini untuk mulai mencoba menggunakan Aplikasi Absensi Online.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menjaga Pola Hidup Sehat Saat WF

Aplikasi Absensi Online - W ork from home (WFH) bukan menjadi alasan untuk kita menghabiskan sisa waktu setelah lelah bekerja hanya de...