Mesin absensi memiliki peranan yang penting bagi
pemimpin atau pemilik organisasi untuk mendata atau merekam pencatatan
kehadiran para karyawannya. Itulah alasan mengapa, mesin absensi ini harus
tersedia di kantor.
Seiring perkembangan teknologi, mesin absensi kini terus
berkembang dan berevolusi, saat ini model absensi yang terbaru adalah dengan
menggunakan absensi online, absensi online akan memudahkan
karyawan dan HRD dalam melakukan absensi dan mengelolah data absensi. Tentu
dengan absensi online ini akan semakin cepat dan mudah dalam melakukan
absensi , aplikasi ini juga sudah terhubung dengan database dan datanyapun bisa
dilihat secara real-time oleh HRD.
Berikut ini adalah perkembangan mesin absensi dari masa ke
masa sebelum ditemukannya absensi online:
Absensi Menggunakan Mesin Ceklok
Absensi ini menggunakan mesin absensi dengan sistem ceklok.
Jadi setiap ada pegawai yang ingin mengisi kartu absensi harus memasukkan kartu
absensi tersebut ke dalam mesin ceklok, dan secara otomatis kartu absensi akan
mencetak jam masuk atau jam pulang karyawan sesuai dengan jam kantor. Kelebihan
dari absensi menggunakan kartu ini adalah mudah digunakan, karyawan tidak bisa curang
dalam menulis waktu hadir atau waktu pulang dengan seenak hati, bagian HR akan
lebih terbantu saat merekap absen karena lebih rapih dan mudah dibaca.
Absensi Digital
Absensi karyawan dengan menggunakan metode digital tentunya
lebih unggul dibandingkan dengan absensi secara manual karena pendataan yang dilakukan
secara digital lebih akurat dan cepat, bukan cara dengan metode pencetakan
kartu absen. Sistem digital inilah yang menjadi keunggulan dari mesin absensi
karena hasil data absensi dari seluruh karyawan dapat dimasukkan, dilihat, dan dapat
diakses langsung oleh HRD dengan menggunakan komputer.
Sebelum karyawan dapat menggunakan mesin absensi digital,
data atau identitas para karyawan harus terlebih dahulu diinput ke dalam
sistem. Identitas yang diinput meliputi nama pegawai, jabatan, Nomor Induk
Pegawai (jika memiliki), dan PIN atau password.
Setelah semua data karyawan telah diinput ke dalam sistem, karyawan
sudah bisa melakukan absensi secara digital. Setiap datang ke kantor, para
pegawai diwajibkan untuk memasukkan identitas yang diperlukan sebelum mulai
bekerja agar kehadiran mereka tercatat ke dalam sistem.
Absensi Dengan Magnetic Card
Mesin absensi ini lebih canggih lagi. Karena mesin ini
menggunakan Magnetik ID Card untuk mendata absensi para karyawan. Mesin ini
mulai digunakan sejak tahun 1980. Mesin ini hampir sama dengan mesin absensi digital
yang menggunakan metode digital tapi bedanya terletak pada media penyimpanan
yang digunakan. Mesin ini adalah perpaduan dari mesin absensi kartu dan mesin absensi
digital yaitu menggunakan Magnetik ID Card. Namun, untuk pendataannya masih
menggunakan metode digital.
Absensi Finger Print atau sidik jari
Absensi fingerprint atau sidik jari adalah salah satu mesin
absensi biometrik yang menggunakan metode scanning melalui sidik jari karyawan
untuk mendata absensi karyawan. Sama seperti mesin absensi digital dan ID card,
absensi fingerprint juga memerlukan pendataan karyawan terlebih dahulu sebelum bisa
digunakan. Perbedaannya terletak pada media yang dimasukkan ke sistem. Mesin
absensi fingerprint akan mendata dan mendaftarkan sidik jari masing-masing
karyawan beserta identitas lainnya ke dalam sistem.
Setelah proses pendataan karyawan selesai, perusahaan atau
kantor dapat menggunakannya untuk melakukan absensi pada karyawannya yang mana
para karyawan tersebut wajib menempelkan sidik jari pada mesin yang telah
tersedia. Kemudian HRD bisa mengelolah datanya karena mesin absensi fingerprint
sudah terintegrasi dengan software.
Aplikasi Absensi Online
Aplikasi Absensi Online adalah sebuah aplikasi yang
digunakan untuk melakukan absensi dengan menggunakan smartphone yang terhubung
dengan koneksi internet. Cara kerja dari aplikasi absensi online ini
adalah HRD hanya perlu menginput data para karyawannya ke dalam sistem dan jika
sudah karyawan bisa langsung menggunakan aplikasi absensi online untuk
absensi dengan cara melakukan foto selfie ditempat yang sudah ditentukan oleh
HRD untuk melakukan absensi. Kelebihan dari absensi dengan menggunakan Aplikasi
Absensi Online ini adalah pengeluaran yang perlu dikeluarkan oleh
perusahaan tidak terlalu besar, mudah digunakan, HRD bisa memantau langsung
datanya karena Aplikasi Absensi Online ini menggunakan teknologi real-time
dan masih banyak lagi kelebihannya yang bisa anda lihat di Aplikasi
Absensi Online.
Jika Anda tertatik untuk menggunakan Aplikasi Absensi Online anda bisa mengunjungi link berikut ini untuk mulai mencoba menggunakan Aplikasi Absensi Online.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar